STUDI
KASUS
Mesin
Pencari Bantuan Pengambilan Keputusan dan Negosiasi
Mesin pencari membantu
konsumen untuk mencari dan menemukan informasi bermanfaat di World Wide Web
(WWW). Secara teknis, penelusuran pertanyaan dan hasilnya muncul dalam bentuk
halaman hasil mesin pencari (SERPs) dan informasi terkait. Informasi ini
mungkin mencakup gambar web dan jenis file yang berguna lainnya. Data
penggalian juga merupakan bagian dari proses ini. Sebagian besar lalu lintas
web global mencakup komputer, jaringan, Internet, WWW, browser, mesin pencari,
dan konten. "Mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan konten berbasis
internet" berasal dari mesin pencari, yang menggunakan proses seperti
merangkak dan caching. Dalam dunia bisnis yang sedang berubah dengan cepat dan
pasar domestik dan global perusahaan multinasional. Mesin pencari sangat
berguna dan telah diperkenalkan dalam banyak bahasa. Budaya dan lingkungan
lokal sangat penting saat merancang mesin pencari khusus negara.
Dalam
mesin pencari, data merupakan bagian penting dari teknologi. Saat mengambil
informasi dari mesin pencari, kebutuhan akan data berskala besar sangat penting
dalam bisnis global. Ketua pelaksana IBM Virginia Rometty di The Economist's World tepatnya pada tahun
2014 berkomentar :
Model baru untuk perusahaan sedang
dalam perjalanan; data merupakan sumber daya alam baru yang luas; dunia kita
telah tertanam luas dan saling terkait, dengan perhitungan ditanamkan ke dalam
hal-hal yang tidak akan dipikirkan seseorang sebagai komputer; .... dan sistem
komputasi baru yang kuat dapat menyimpan dan memahami hal itu hampir seketika.
Mesin
pencari masuk dalam berbagai bentuk dan jenis dan mungkin termasuk mesin
pencari umum, mesin pencari P2P. mesin pencari meta, mesin pencari
informasi-spesifik, mesin pencari berbasis geografis, mesin pencari bisnis,
mesin pencari perusahaan, dan sebagainya. Pada tahun 2015, Google (sekarang
berganti nama menjadi "Alphabet") adalah mesin pencari yang paling
populer dan hebat di dunia, diikuti oleh Baidu (China), Bing (Amerika Serikat),
Yahoo, AOL Global, Ask.com, dan seterusnya. Tentu saja, Google sangat
terdiversifikasi dalam produknya dan memelihara situs dalam berbagai bahasa.
Ini adalah contoh sempurna dari bisnis global saat ini dengan beragam strategi
pasar dan lokalisasi. Pada tahun 2014, penjualan Google melampaui $ 66 miliar
dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 384 miliar. Ini menunjukkan kekuatan,
kemampuan litbang, dan visibilitas perusahaan yang luar biasa.
Mesin
pencari dalam bisnis global kebanyakan dipengaruhi oleh budaya lokal, peraturan
khusus pertanian, keaslian data, dan ideologi nasional. Sebagai contoh. Pada
tahun 2015, Baidu adalah mesin pencari terbesar di China, dengan penjualan $
7,91 miliar dan kapitalisasi pasar sebesar $ 76,15 miliar. Yandex adalah mesin pencari
terkemuka di Rusia. Selain itu, Korea Selatan memiliki Naver dan Daum. Di
Republik Ceko, Seznam cukup populer. Sohu terus menjadi pemain dominan di pasar
China. Terlepas dari jenis dan bentuknya, mesin pencari dalam bisnis global
sangat berbeda berdasarkan bahasa nasional, fungsi, citra negara, dan
penggunaannya. Isi mesin pencari dan hasil pencarian bisa mengungkapkan deretan
data dan informasi yang menarik. Yang terpenting, mesin pencari dan identitas
komersial mereka tetap spesifik dari negara dan wilayah. Tak heran bila kita
menyaksikan beberapa mesin pencari yang mendominasi bisnis global. Ini juga
hasil teknologi berpemilik, algoritma unik, dan modal pengetahuan. Singkatnya,
mesin pencari masih disempurnakan dan akan memiliki implikasi besar bagi
perusahaan multinasional, perusahaan domestik, pemerintah. dan konsumen sama.
Yang terpenting, privasi konsumen dan kebijakan nasional merupakan isu penting
dalam pertumbuhan industri mesin pencari global.
Pertanyaan
Kasus
5-6 Membandingkan dan membedakan lima mesin
pencari dalam bisnis global. Bagaimana mereka membantu dalam proses pengambilan
keputusan dan negosiasi ?
Jawab :
Menurut artikel
tersebut, mesin pencari utama saat ini adalah Google, Yahoo, Baidu, Bing, dan
Ask.com. Mesin pencari secara kolektif menawarkan pola improvisasi yang berbeda
untuk tidak hanya dunia bisnis tapi juga kehidupan pribadi kita. mereka bekerja
untuk membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih kecil dengan menghubungkan
berbagai belahan dunia dengan cara yang belum pernah dialami manusia
sebelumnya. Semua lima mesin pencari utama merupakan ide yang sama, yaitu mampu
mengambil informasi. Dari lima mesin pencari data penggalian, menurut Lembaga
riset asal Tiongkok, Hurun Report Inc merilis daftar perusahaan dengan kapitalisasi
pasar terbesar dalam "Hurun Global Rich List 2017". Google berada di
posisi puncak dengan nilai kapitalisasi mencapai US$ 585 miliar. Ini
mendominasi pasar melalui pendapatan yang dihasilkan oleh iklan. Sesuai
artikelnya, "Google sangat terdiversifikasi dalam produknya dan mengelola
situs dalam berbagai bahasa," karena google memiliki demografis yang
besar. Sementara pada tahun 2015, "Baidu adalah mesin pencari terbesar di
China" terutama karena menjadi perusahaan lokal yang tertanam dalam budaya
mereka lebih awal dari Google.
Ini menjelaskan
bagaimana budaya lokal dan lingkungan sosial memainkan peran utama dalam
membentuk ketergantungannya pada masyarakat. Yahoo telah menjadi mesin pencari
utama dengan rumah media sendiri yang memenuhi peran yang jauh lebih berbeda
dari google. Dengan Yahoo dan Google telah bekerja pada demografi yang sama,
semakin sulit bagi mesin pencari seperti Bing and Ask untuk mendapatkan
potongan segmen pasar yang sama. Semua, mesin pencari ini membuat kita lebih
sadar akan budaya dan tradisi lain yang tidak mungkin terjadi sebelum
sumber-sumber ini tersedia bagi kita. Memahami berbagai budaya membantu kita
memahami sifat-sifat negosiasi di berbagai belahan dunia sehingga membantu kita
membuat keputusan yang lebih berhasil.
5-7 Dalam bisnis global saat ini, apa yang Anda
lihat terjadi dalam lima tahun ke depan mengenai pertumbuhan mesin telusur dan
strategi global ?
Jawab :
Saat ini, mesin pencari
sangat penting dalam bisnis global. Seiring bisnis global terus berkembang,
mesin pencari pasti akan melakukan hal yang sama. Hampir setiap negara akan
dapat mengakses informasi tak terbatas dalam waktu dekat. Selain itu, saat
mesin pencari tumbuh di berbagai negara, mereka akan belajar menyesuaikan hasil
mereka dengan kebutuhan dan tipe data negara tersebut. Dengan begitu banyak
informasi terbuka untuk umum, akan ada saat privasi seseorang akan berkurang
hingga hampir tidak ada sama sekali. Masalah lain yang mungkin timbul dari hal
ini adalah bahwa mesin pencari akan menjadi lebih hebat dari sebelumnya. Dengan
begitu banyak investasi di mesin pencari ini, baik domestik maupun global,
mereka akan mengeluarkan banyak pasar bisnis global lainnya. Di beberapa titik
di masa depan, perubahan teknologi tidak akan berarti sebanyak akses terhadap
informasi yang mereka berikan. Dalam hal Hirarki mesin pencari, tidak ada
seorang pun yang mendekati Google dengan mendiskreditkan Google dari judul
mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia saat ini. Selain memunculkan
berbagai masalah, tetapi ada keuntungan yang akan diperoleh dari kemajuan mesin
penelusuran 5 tahun ke depan bagi bisnis global yaitu :
1. Menciptakan Basis Bagi Klien Atau
Pelanggan
2. Analisa Produk Dan Pasar
3. Nasehat dan Bantuan Pakar Di Bidangnya
4. Rekruitmen Tenaga Kerja dan Penyedian
Lowongan Kerja
5. Akses Informasi dan Penyebaran
Informasi
6. Komunikasi Yang Cepat dan Pengiriman
Dokumen Dengan Biaya Murah
7. Peluang Bisnis Baru
5-8 Mesin pencari membawa identitas dan budaya
nasional. Bandingkan lima mesin pencari
utama dari masing-masing benua, berdasarkan pasar lokal, strategi, dan
karakteristik nasional mereka.
Jawab :
Mesin pencari digunakan
oleh pelanggan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan di world wide web.
Hasil pencarian ditampilkan di halaman hasil mesin pencari. Setiap negara di
dunia memiliki mesin pencari sendiri. Mesin pencari tersebut di pengaruhi oleh
budaya local yang ada di Negara tersebut oleh sebab itu di setiap Negara di
dunia memiliki mesin pencari yang berbeda – beda. Berikut adalah lima mesin
pencari utama di masing-masing benua , berdasarkan pasar local ,strategi, dan
karakteristik nasionalnya :
1. Google Search (Amerika Serikat)
Google Search (atau
Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google
Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Sekian
ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui
berbagai macam layanan yang disediakan.
Tujuan utama Google
Search adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server
web (dalam format HTML, PDF, etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat
dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search. Google Search awalnya
dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997.Google Search
menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata yaitu sinonim,
ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop,
bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk
penanggalan, termasuk rentang angka , harga, suhu, konversi mata uang ,
perhitungan , pelacakan paket, paten, kode wilayah, dan penerjemahan bahasa.
Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search" dan
"Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan
perintah suara dan gambar. Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur
pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.
2. Yandex (Rusia)
Yandex merupakan
layanan mesin pencari milik perusahaan Rusia, Yandex. Menurut laporan
LiveInternet pada Januari 2015, pengguna lokal mencapai 51.2 persen yang
mengalahkan para pesaing lainnya. Teknologi pencarian menjangkau lebih dari
1,400 kota, selain itu terkenal pula fitur “parallel” yang menyajikan hasil
pencarian dari halaman utama indeks web dan sumber informasi terperinci seperti
video, gambar, blog, belanja dan berita pada halaman tunggal.
Layanan mesin pencari
Yandex sangat responsif dengan pertanyaan real-time, mampu mengetahui ketika
sebuah pertanyaan butuh informasi terkini seperti berita terbaru atau yang
muncul di twitter sekalipun. Selain itu tersedia sejumlah fitur keren seperti
Wizard Answer, antivirus, pengecek ejaan (spell checker). Demi memperoleh lebih
banyak pengguna, Yandex merilis versi internasional (Yandex.com) berbahasa
Inggris.
3. Baidu (China)
Baidu, Inc. biasa
dikenal dengan sebutan Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan
perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik
Haidian, Beijing, RRC.
Baidu menawarkan
berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan
gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan
sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang
dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan
Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya
kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking
Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China
yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.
Pada Januari 2014,
kapitalisasi pasar Baidu berdiri pada nilai $55 billion. Merupakan satu dari
perusahaan yang didirikan dari nol tersukses sepanjang sejarah bila dilihat
dari kapitalisasi pasar, pendapatan, pertumbuhan, dan pengaruh budaya. Selain
itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama Changhong.
4. Naver (Korea Selatan )
Naver sendiri menjadi
salah satu mesin pencari terbesar di Korea Selatan. Bahkan Naver bisa meredam
kedigdayaan Search Engine seperti Google yang sudah mendunia. Naver sendiri
menguasai pangsa pasar domestik Korea Selatan sebesar 60 % Pengguna di negara
ginseng tersebut. Sedangkan sisanya dikuasai oleh Google dan Search engine
lain. Tidak heran karena Naver memang menyuguhkan pencarian yang bisa dibilang
lebih revolusioner ketimbang Google. Search Engine yang didominasi warna hijau
ini, berdiri pada 1999. Sebenarnya Naver sendiri berkerjasama dengan perusahaan
jepang. Saat itu nama Naver masih NHN Entertainment. Empat tahun berselang,
Naver memutuskan hubungan dengan NHN Entertainment. Tidak diketahui apa
penyebab mereka memutuskan kerjasama. Tapi yang pasti dengan pengguna Media
Digital yang terus berkembang membuat Naver Corp. Membidik hal tersebut. Pihak
Naver sendiri mulai mengembangkan Webmaster Tools. Webmaster Tools ini
berfungsi tidak berbeda jauh dengan Google Webmaster Tools pada umumnya. Yaitu
mendeteksi website atau blog atau sejenisnya yang menyebarkan kontennya dalam
suatu Mesin Pencari atau Search Engine. Pengembangan Webmaster Tools ini
sendiri masih pada tahap BETA.
5. Ixquick (Belanda )
Ixquick (gaya "
Ixquick ") adalah mesin metasearch yang berbasis di New York dan Belanda.
Didirikan oleh David Bodnick pada tahun 1998 , Ixquick dimiliki oleh Surfboard
Holding BV dari Belanda , yang mengakuisisi perusahaan internet pada tahun
2000. xquick mengembalikan sepuluh hasil dari beberapa mesin pencari . Ini
menggunakan " Sistem Star" untuk peringkat hasil-hasilnya dengan memberi
satu bintang untuk setiap hasil yang telah kembali dari mesin pencari Dengan
demikian , hasil pencarian teratas adalah orang-orang yang telah kembali dari
mesin pencari yang paling . Ixquick dapat mencari dalam 17 bahasa, termasuk
Sederhana dan Cina Tradisional, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Perancis,
Jerman, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Spanyol, Swedia,
dan Turki. Setiap versi bahasa termasuk mesin pencari lokal.
No comments:
Post a Comment