Saturday, May 19, 2018

Contoh Analisis Bauran Promosi Produk Pocari Sweat


Analisis Bauran Promosi Suatu Produk


“ Produk Pocari Sweat ”
Bauran promosi merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan.
Saat ini terdapat berbagai macam produk minuman kemasan di pasaran. Mulai dari jenis minuman susu, teh, soda, air mineral, dan minuman isotonik. Diantara produk minuman isotonik tersebut terdapat brand isotonik besar yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara, yaitu produk Pocari Sweat.
Kali ini saya akan menganalisis bauran promosi produk Pocari Sweat. Mulai dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, pemasaran langsung. Berikut ini analisis yang saya buat mengenai produk Pocari Sweat.
Minuman Pocari Sweat ini pertama kali dikenalkan dan di jual di jepang pada tahun 1980. Kemudian juga menyebar dan menjadi terkenal dan menjadi terkenal di Asia Timur dan Asia Tenggara. Di indonesia Pocari Sweat di pelopori oleh PT. Amerta Indah Otsuka. Pocari Sweat adalah salah satu brand produk terkenal di indonesia. Minuman isotonik sendiri adalah produk minuman yang berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga ataupun beraktifitas setiap hari. Dalam minuman isotonik banyak terdapat kandungan elektrolit yang membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Tidak seperti air putih atau minuman lainnya ,minuman  isotonik khususnya Pocari Sweat memiliki ion-ion yang terkandung di dalam minuman tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh setelah beraktivitas.
·                     Periklanan
Pocari Sweat tidak main-main dalam mengiklankan produknya. Iklan pocari sweat adalah iklan yang bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada konsumen mengenai produknya. Iklan ini berusaha untuk menyampaikan bahwa pocari sweat selalu dibutuhkan untuk mengembalikan cairan tubuh setelah beraktifitas. Banyak iklan-iklan Pocari Sweat yang bagus dengan model yang cantik dan tampan agar masyarakat tertarik melihat iklan tersebut dan tertarik untuk membeli produk tersebut ataupun hanya sekedar membangun pencitraan agar masyarakat percaya bahwa meminum Pocari Sweat setelah berolahraga maupun beraktivitas akan membantu tubuh menjadi segar kembali dan menggantikan ion tubuh yang hilang. Model iklan yang pernah dipakai pocari sweat diantaranya Aelke Marieska " Youth Sweat Beautiful ", Irfan Bachdim, JKT48, Melody Nurramdhani Laksani, Shania Junianatha, Aki Takajo, Haruka Nakagawa, Jenifer Hanna.
·                     Promosi Penjualan
Tagline : “Go Sweat dan Go Ion”
Iklan    : iklan TV, siaran radio, iklan koran, majalah, tabloid, baliho, billboard
Event   : Pihak Pocari Sweat juga aktif membuat event-event besar dan sering menjadi official sponsor untuk event-event olahraga bergengsi seperti Asian Game. Pocari Sweat juga aktif mengadakan Pocari Sweat Run. Pocari Sweat Run sendiri adalah lomba lari massal yang diadakan di Indonesia. Dalam event tersebut pihak Pocari Sweat juga sekaligus mempromosikan produknya karena Pocari Sweat sendiri menjadi salah satu official sponsor besar dalam acara tersebut.

·                     Pemasaran Langsung

Dengan membuka stand-stand Pocari Sweat di setiap acara yang pocari sweat sponsori yang sekaligus sebagai media pemasaran produk langsung.

·                     Pemasaran Personal

Disamping dengan membuka stand-stand Pocari Sweat di setiap acara yang di sponsorinya, Pocari Sweat juga menyediakan wiraniaga untuk memasarkan langsung produknya ke konsumen yang tengah berkunjung ataupun berpartisipasi dalam acara- acara tersebut.

·                     Hubungan Masyarakat

Dalam produknya pocari sweat juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Sehingga dimata konsumen, pocari sweat merupakan minuman isotonik yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Bukan hanya orang-orang dari dalam produksinya. Tetapi sudah banyak produsen yang menjual dan memasarkannya, seperti agen-agen, atau toko-toko besar. Bukan hanya toko atau agen saja tetapi beberapa warung kecil juga memasarkannya. Pelayanan yang diberikan oleh pihak PT. Amerta Indah Otsuka tentunya sangat baik, sehingga masyarakat sangat akrab dengan produk minuman ini.


1 comment:

  1. Terimakasih ya, infonya bermanfaat.
    Oh ya, mau menambahkan informasi aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Penyewaan Genset Syncronize untuk berbagai keperluan seperti event misalnya, bisa coba hubungi kami dari Arthur Teknik ya. Dijamin profesional dalam pengerjaannya.

    ReplyDelete

Rangkuman Mata Kuliah dan Berbagi Pengalaman: SAP RPS 2 METODOLOGI PENELITIAN

Rangkuman Mata Kuliah dan Berbagi Pengalaman: SAP RPS 2 METODOLOGI PENELITIAN : SAP / RPS 2 METODOLOGI PENELITIAN 1.              Identi...