Saturday, May 19, 2018

STUDI KASUS Mesin Pencari Bantuan Pengambilan Keputusan dan Negosiasi


STUDI KASUS

Mesin Pencari Bantuan Pengambilan Keputusan dan Negosiasi
Mesin pencari membantu konsumen untuk mencari dan menemukan informasi bermanfaat di World Wide Web (WWW). Secara teknis, penelusuran pertanyaan dan hasilnya muncul dalam bentuk halaman hasil mesin pencari (SERPs) dan informasi terkait. Informasi ini mungkin mencakup gambar web dan jenis file yang berguna lainnya. Data penggalian juga merupakan bagian dari proses ini. Sebagian besar lalu lintas web global mencakup komputer, jaringan, Internet, WWW, browser, mesin pencari, dan konten. "Mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan konten berbasis internet" berasal dari mesin pencari, yang menggunakan proses seperti merangkak dan caching. Dalam dunia bisnis yang sedang berubah dengan cepat dan pasar domestik dan global perusahaan multinasional. Mesin pencari sangat berguna dan telah diperkenalkan dalam banyak bahasa. Budaya dan lingkungan lokal sangat penting saat merancang mesin pencari khusus negara.
Dalam mesin pencari, data merupakan bagian penting dari teknologi. Saat mengambil informasi dari mesin pencari, kebutuhan akan data berskala besar sangat penting dalam bisnis global. Ketua pelaksana IBM Virginia Rometty di The Economist's World tepatnya pada tahun 2014 berkomentar :
Model baru untuk perusahaan sedang dalam perjalanan; data merupakan sumber daya alam baru yang luas; dunia kita telah tertanam luas dan saling terkait, dengan perhitungan ditanamkan ke dalam hal-hal yang tidak akan dipikirkan seseorang sebagai komputer; .... dan sistem komputasi baru yang kuat dapat menyimpan dan memahami hal itu hampir seketika.
Mesin pencari masuk dalam berbagai bentuk dan jenis dan mungkin termasuk mesin pencari umum, mesin pencari P2P. mesin pencari meta, mesin pencari informasi-spesifik, mesin pencari berbasis geografis, mesin pencari bisnis, mesin pencari perusahaan, dan sebagainya. Pada tahun 2015, Google (sekarang berganti nama menjadi "Alphabet") adalah mesin pencari yang paling populer dan hebat di dunia, diikuti oleh Baidu (China), Bing (Amerika Serikat), Yahoo, AOL Global, Ask.com, dan seterusnya. Tentu saja, Google sangat terdiversifikasi dalam produknya dan memelihara situs dalam berbagai bahasa. Ini adalah contoh sempurna dari bisnis global saat ini dengan beragam strategi pasar dan lokalisasi. Pada tahun 2014, penjualan Google melampaui $ 66 miliar dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 384 miliar. Ini menunjukkan kekuatan, kemampuan litbang, dan visibilitas perusahaan yang luar biasa.
Mesin pencari dalam bisnis global kebanyakan dipengaruhi oleh budaya lokal, peraturan khusus pertanian, keaslian data, dan ideologi nasional. Sebagai contoh. Pada tahun 2015, Baidu adalah mesin pencari terbesar di China, dengan penjualan $ 7,91 miliar dan kapitalisasi pasar sebesar $ 76,15 miliar. Yandex adalah mesin pencari terkemuka di Rusia. Selain itu, Korea Selatan memiliki Naver dan Daum. Di Republik Ceko, Seznam cukup populer. Sohu terus menjadi pemain dominan di pasar China. Terlepas dari jenis dan bentuknya, mesin pencari dalam bisnis global sangat berbeda berdasarkan bahasa nasional, fungsi, citra negara, dan penggunaannya. Isi mesin pencari dan hasil pencarian bisa mengungkapkan deretan data dan informasi yang menarik. Yang terpenting, mesin pencari dan identitas komersial mereka tetap spesifik dari negara dan wilayah. Tak heran bila kita menyaksikan beberapa mesin pencari yang mendominasi bisnis global. Ini juga hasil teknologi berpemilik, algoritma unik, dan modal pengetahuan. Singkatnya, mesin pencari masih disempurnakan dan akan memiliki implikasi besar bagi perusahaan multinasional, perusahaan domestik, pemerintah. dan konsumen sama. Yang terpenting, privasi konsumen dan kebijakan nasional merupakan isu penting dalam pertumbuhan industri mesin pencari global.


Pertanyaan Kasus

5-6  Membandingkan dan membedakan lima mesin pencari dalam bisnis global. Bagaimana mereka membantu dalam proses pengambilan keputusan dan negosiasi ?
Jawab :
Menurut artikel tersebut, mesin pencari utama saat ini adalah Google, Yahoo, Baidu, Bing, dan Ask.com. Mesin pencari secara kolektif menawarkan pola improvisasi yang berbeda untuk tidak hanya dunia bisnis tapi juga kehidupan pribadi kita. mereka bekerja untuk membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih kecil dengan menghubungkan berbagai belahan dunia dengan cara yang belum pernah dialami manusia sebelumnya. Semua lima mesin pencari utama merupakan ide yang sama, yaitu mampu mengambil informasi. Dari lima mesin pencari data penggalian, menurut Lembaga riset asal Tiongkok, Hurun Report Inc merilis daftar perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar dalam "Hurun Global Rich List 2017". Google berada di posisi puncak dengan nilai kapitalisasi mencapai US$ 585 miliar. Ini mendominasi pasar melalui pendapatan yang dihasilkan oleh iklan. Sesuai artikelnya, "Google sangat terdiversifikasi dalam produknya dan mengelola situs dalam berbagai bahasa," karena google memiliki demografis yang besar. Sementara pada tahun 2015, "Baidu adalah mesin pencari terbesar di China" terutama karena menjadi perusahaan lokal yang tertanam dalam budaya mereka lebih awal dari Google.
Ini menjelaskan bagaimana budaya lokal dan lingkungan sosial memainkan peran utama dalam membentuk ketergantungannya pada masyarakat. Yahoo telah menjadi mesin pencari utama dengan rumah media sendiri yang memenuhi peran yang jauh lebih berbeda dari google. Dengan Yahoo dan Google telah bekerja pada demografi yang sama, semakin sulit bagi mesin pencari seperti Bing and Ask untuk mendapatkan potongan segmen pasar yang sama. Semua, mesin pencari ini membuat kita lebih sadar akan budaya dan tradisi lain yang tidak mungkin terjadi sebelum sumber-sumber ini tersedia bagi kita. Memahami berbagai budaya membantu kita memahami sifat-sifat negosiasi di berbagai belahan dunia sehingga membantu kita membuat keputusan yang lebih berhasil.

5-7  Dalam bisnis global saat ini, apa yang Anda lihat terjadi dalam lima tahun ke depan mengenai pertumbuhan mesin telusur dan strategi global ?
Jawab :
Saat ini, mesin pencari sangat penting dalam bisnis global. Seiring bisnis global terus berkembang, mesin pencari pasti akan melakukan hal yang sama. Hampir setiap negara akan dapat mengakses informasi tak terbatas dalam waktu dekat. Selain itu, saat mesin pencari tumbuh di berbagai negara, mereka akan belajar menyesuaikan hasil mereka dengan kebutuhan dan tipe data negara tersebut. Dengan begitu banyak informasi terbuka untuk umum, akan ada saat privasi seseorang akan berkurang hingga hampir tidak ada sama sekali. Masalah lain yang mungkin timbul dari hal ini adalah bahwa mesin pencari akan menjadi lebih hebat dari sebelumnya. Dengan begitu banyak investasi di mesin pencari ini, baik domestik maupun global, mereka akan mengeluarkan banyak pasar bisnis global lainnya. Di beberapa titik di masa depan, perubahan teknologi tidak akan berarti sebanyak akses terhadap informasi yang mereka berikan. Dalam hal Hirarki mesin pencari, tidak ada seorang pun yang mendekati Google dengan mendiskreditkan Google dari judul mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia saat ini. Selain memunculkan berbagai masalah, tetapi ada keuntungan yang akan diperoleh dari kemajuan mesin penelusuran 5 tahun ke depan bagi bisnis global yaitu :
1.         Menciptakan Basis Bagi Klien Atau Pelanggan
2.         Analisa Produk Dan Pasar
3.         Nasehat dan Bantuan Pakar Di Bidangnya
4.         Rekruitmen Tenaga Kerja dan Penyedian Lowongan Kerja
5.         Akses Informasi dan Penyebaran Informasi
6.         Komunikasi Yang Cepat dan Pengiriman Dokumen Dengan Biaya Murah
7.         Peluang Bisnis Baru

5-8  Mesin pencari membawa identitas dan budaya nasional. Bandingkan lima  mesin pencari utama dari masing-masing benua, berdasarkan pasar lokal, strategi, dan karakteristik nasional mereka.
Jawab :
Mesin pencari digunakan oleh pelanggan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan di world wide web. Hasil pencarian ditampilkan di halaman hasil mesin pencari. Setiap negara di dunia memiliki mesin pencari sendiri. Mesin pencari tersebut di pengaruhi oleh budaya local yang ada di Negara tersebut oleh sebab itu di setiap Negara di dunia memiliki mesin pencari yang berbeda – beda. Berikut adalah lima mesin pencari utama di masing-masing benua , berdasarkan pasar local ,strategi, dan karakteristik nasionalnya :

1.         Google Search (Amerika Serikat)
Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.
Tujuan utama Google Search adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web (dalam format HTML, PDF, etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search. Google Search awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997.Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk penanggalan, termasuk rentang angka , harga, suhu, konversi mata uang , perhitungan , pelacakan paket, paten, kode wilayah, dan penerjemahan bahasa. Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search" dan "Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan perintah suara dan gambar. Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.

2.         Yandex (Rusia)
Yandex merupakan layanan mesin pencari milik perusahaan Rusia, Yandex. Menurut laporan LiveInternet pada Januari 2015, pengguna lokal mencapai 51.2 persen yang mengalahkan para pesaing lainnya. Teknologi pencarian menjangkau lebih dari 1,400 kota, selain itu terkenal pula fitur “parallel” yang menyajikan hasil pencarian dari halaman utama indeks web dan sumber informasi terperinci seperti video, gambar, blog, belanja dan berita pada halaman tunggal.
Layanan mesin pencari Yandex sangat responsif dengan pertanyaan real-time, mampu mengetahui ketika sebuah pertanyaan butuh informasi terkini seperti berita terbaru atau yang muncul di twitter sekalipun. Selain itu tersedia sejumlah fitur keren seperti Wizard Answer, antivirus, pengecek ejaan (spell checker). Demi memperoleh lebih banyak pengguna, Yandex merilis versi internasional (Yandex.com) berbahasa Inggris.

3.         Baidu (China)
Baidu, Inc. biasa dikenal dengan sebutan Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.
Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.
Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar Baidu berdiri pada nilai $55 billion. Merupakan satu dari perusahaan yang didirikan dari nol tersukses sepanjang sejarah bila dilihat dari kapitalisasi pasar, pendapatan, pertumbuhan, dan pengaruh budaya. Selain itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama Changhong.

4.         Naver (Korea Selatan )
Naver sendiri menjadi salah satu mesin pencari terbesar di Korea Selatan. Bahkan Naver bisa meredam kedigdayaan Search Engine seperti Google yang sudah mendunia. Naver sendiri menguasai pangsa pasar domestik Korea Selatan sebesar 60 % Pengguna di negara ginseng tersebut. Sedangkan sisanya dikuasai oleh Google dan Search engine lain. Tidak heran karena Naver memang menyuguhkan pencarian yang bisa dibilang lebih revolusioner ketimbang Google. Search Engine yang didominasi warna hijau ini, berdiri pada 1999. Sebenarnya Naver sendiri berkerjasama dengan perusahaan jepang. Saat itu nama Naver masih NHN Entertainment. Empat tahun berselang, Naver memutuskan hubungan dengan NHN Entertainment. Tidak diketahui apa penyebab mereka memutuskan kerjasama. Tapi yang pasti dengan pengguna Media Digital yang terus berkembang membuat Naver Corp. Membidik hal tersebut. Pihak Naver sendiri mulai mengembangkan Webmaster Tools. Webmaster Tools ini berfungsi tidak berbeda jauh dengan Google Webmaster Tools pada umumnya. Yaitu mendeteksi website atau blog atau sejenisnya yang menyebarkan kontennya dalam suatu Mesin Pencari atau Search Engine. Pengembangan Webmaster Tools ini sendiri masih pada tahap BETA.

5.         Ixquick (Belanda )
Ixquick (gaya " Ixquick ") adalah mesin metasearch yang berbasis di New York dan Belanda. Didirikan oleh David Bodnick pada tahun 1998 , Ixquick dimiliki oleh Surfboard Holding BV dari Belanda , yang mengakuisisi perusahaan internet pada tahun 2000. xquick mengembalikan sepuluh hasil dari beberapa mesin pencari . Ini menggunakan " Sistem Star" untuk peringkat hasil-hasilnya dengan memberi satu bintang untuk setiap hasil yang telah kembali dari mesin pencari Dengan demikian , hasil pencarian teratas adalah orang-orang yang telah kembali dari mesin pencari yang paling . Ixquick dapat mencari dalam 17 bahasa, termasuk Sederhana dan Cina Tradisional, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Spanyol, Swedia, dan Turki. Setiap versi bahasa termasuk mesin pencari lokal.

No comments:

Post a Comment

Rangkuman Mata Kuliah dan Berbagi Pengalaman: SAP RPS 2 METODOLOGI PENELITIAN

Rangkuman Mata Kuliah dan Berbagi Pengalaman: SAP RPS 2 METODOLOGI PENELITIAN : SAP / RPS 2 METODOLOGI PENELITIAN 1.              Identi...