Analisis
Bauran Promosi Suatu Produk
“ Produk Pocari Sweat ”
Bauran
promosi merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan
masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan
perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan
membangun hubungan pelanggan.
Saat
ini terdapat berbagai macam produk minuman kemasan di pasaran. Mulai dari jenis
minuman susu, teh, soda, air mineral, dan minuman isotonik. Diantara produk
minuman isotonik tersebut terdapat brand isotonik besar yang telah banyak
dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara, yaitu produk Pocari
Sweat.
Kali ini saya akan menganalisis bauran promosi produk Pocari
Sweat. Mulai dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan
personal, pemasaran langsung. Berikut ini analisis yang saya buat mengenai
produk Pocari Sweat.
Minuman Pocari Sweat ini pertama kali dikenalkan dan di jual
di jepang pada tahun 1980. Kemudian juga menyebar dan menjadi terkenal dan
menjadi terkenal di Asia Timur dan Asia Tenggara. Di indonesia Pocari Sweat di
pelopori oleh PT. Amerta Indah Otsuka. Pocari Sweat adalah salah satu brand
produk terkenal di indonesia. Minuman isotonik sendiri adalah produk minuman
yang berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga
ataupun beraktifitas setiap hari. Dalam minuman isotonik banyak terdapat
kandungan elektrolit yang membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Tidak
seperti air putih atau minuman lainnya ,minuman
isotonik khususnya Pocari Sweat memiliki ion-ion yang terkandung di
dalam minuman tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh setelah beraktivitas.
·
Periklanan
Pocari
Sweat tidak main-main dalam mengiklankan produknya. Iklan pocari sweat adalah
iklan yang bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada konsumen mengenai
produknya. Iklan ini berusaha untuk menyampaikan bahwa pocari sweat selalu
dibutuhkan untuk mengembalikan cairan tubuh setelah beraktifitas. Banyak iklan-iklan
Pocari Sweat yang bagus dengan model yang cantik dan tampan agar masyarakat
tertarik melihat iklan tersebut dan tertarik untuk membeli produk tersebut
ataupun hanya sekedar membangun pencitraan agar masyarakat percaya bahwa
meminum Pocari Sweat setelah berolahraga maupun beraktivitas akan membantu
tubuh menjadi segar kembali dan menggantikan ion tubuh yang hilang. Model iklan
yang pernah dipakai pocari sweat diantaranya Aelke Marieska " Youth Sweat Beautiful
", Irfan Bachdim, JKT48, Melody Nurramdhani Laksani, Shania Junianatha, Aki Takajo, Haruka Nakagawa, Jenifer Hanna.
·
Promosi Penjualan
Tagline : “Go Sweat dan Go Ion”
Iklan : iklan TV, siaran radio,
iklan koran, majalah, tabloid, baliho, billboard
Event : Pihak Pocari Sweat juga
aktif membuat event-event besar dan sering menjadi official sponsor untuk
event-event olahraga bergengsi seperti Asian Game. Pocari Sweat juga aktif
mengadakan Pocari Sweat Run. Pocari Sweat Run sendiri adalah lomba lari massal
yang diadakan di Indonesia. Dalam event tersebut pihak Pocari Sweat juga
sekaligus mempromosikan produknya karena Pocari Sweat sendiri menjadi salah
satu official sponsor besar dalam acara tersebut.
·
Pemasaran Langsung
Dengan membuka
stand-stand Pocari Sweat di setiap acara yang pocari sweat sponsori yang
sekaligus sebagai media pemasaran produk langsung.
·
Pemasaran Personal
Disamping
dengan membuka stand-stand Pocari Sweat di setiap acara yang di sponsorinya,
Pocari Sweat juga menyediakan wiraniaga untuk memasarkan langsung produknya ke
konsumen yang tengah berkunjung ataupun berpartisipasi dalam acara- acara
tersebut.
·
Hubungan Masyarakat
Dalam produknya pocari sweat juga memberikan pelayanan yang
terbaik bagi para konsumennya. Sehingga dimata konsumen, pocari sweat merupakan
minuman isotonik yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Bukan hanya
orang-orang dari dalam produksinya. Tetapi sudah banyak produsen yang menjual
dan memasarkannya, seperti agen-agen, atau toko-toko besar. Bukan hanya toko
atau agen saja tetapi beberapa warung kecil juga memasarkannya. Pelayanan yang
diberikan oleh pihak PT. Amerta Indah Otsuka tentunya sangat baik, sehingga
masyarakat sangat akrab dengan produk minuman ini.
Terimakasih ya, infonya bermanfaat.
ReplyDeleteOh ya, mau menambahkan informasi aja nih.
Bagi yang membutuhkan Penyewaan Genset Syncronize untuk berbagai keperluan seperti event misalnya, bisa coba hubungi kami dari Arthur Teknik ya. Dijamin profesional dalam pengerjaannya.